MECHANICAL TROUBLESHOOTING GENSET

Posted: Oktober 15, 2011 in Uncategorized

TROUBLESHOOTING ENGINE

MECHANICAL TROUBLESHOOTING GENSET

Masalah-masalah yang berhubungan dengan mesin

         

No.

Permasalahan

Kemungkinan Penyebab

Penyebab Masalah

Tindakan

     

A. Sistem Kelistrikan

 

1

Mesin tidak mau start

A1, A2, A3, A4,

1.Tegangan baterai kurang

Charge / isi baterai

   

B4, B5, B6, B7, B8, D1,

2. Pengkabelan tidak baik

Perbaiki/ganti kabel-kabel

   

G1, G3, G5, G6, G7, G12,

3. Kerusakan starter motor

Perbaiki/ganti starter motor

   

G16

4. Alternator tidak baik

Perbaiki/ganti alternator

         

2

Mesin mau hidup tetapi segera mati lagi

 

B. Sistem Bahan Bakar

 
 

2.1. Tanpa asap

B5, B6, B7, B8, D1,

1. Injection timing terlampau awal

Cek timing

   

G1, G7, G8, G15

2. Injection timing terlambat

Cek timing

 

2.2. Ada asap

C1, B4, G3, G5, G6

3. Bahan bakar tidak bagus

Gunakan bahan bakar yang baik

 

 

 


 

 

4. Bahan bakar tercampur air

Bersihkan air / gunakan water separator

3

Mesin kurang tenaga

 

5. Filter solar tersumbat

Bersihkan / ganti filter solar

 

3.1. Warna asap normal

B3, B5, B6, B7, B8, D1,

6. Ada udara dalam sistem bahan bakar

Buang angin palsu

   

G1, G2, G3, G4, G10

7. Pipa solar bocor atau buntu

Bersihkan / ganti pipa

 

3.2. Warna asap putih

B1, B2, B3, B4, B9, B11

8. Injection pump kekurangan solar

Cek tangki solar, kran, pipa, filter, feed pump

   

E11, F3, G5, G6, G9, G16

9. Kekurangan solar dari injection pump

Cek / kalibrasi injection pump

 

3.3. Warna asap hitam

B2, B3, B9, B11, C1, C2,

10. Kelebihan solar dari injection pump

Cek / kalibrasi injection pump

   

C3, E2, E3, E5, E6, F1, F2

11. Nozzle tidak bagus

Cek / perbaiki / ganti nozzle

   

G2, G3, G16

   
 

 


 

 


 

 

 

 

 

C. Sistem Udara

 

4

Suara ketukan keras (knocking)

B1

1. Filter udara kotor/tersumbat

Bersihkan atau ganti filter udara

     

2. Pengoperasian pada daerah/suhu tinggi

Gunakan mesin dengan power lebih tinggi

5

Suara mesin tidak normal

G1, G2, G3, G5, G7, G10

3. Pipa knalpot tersumbat

 
   

G11, G12, G13, G16

   
     

D. Sistem Pelumasan

 

6

Suara pembakaran tidak normal

B3, B4, B9, B11, C1, C3

1. Oli kurang bagus

Ganti dengan oli standar (SAE 40)

     

2. Kebocoran oli pada sistem pelumasan

Perbaiki kebocoran

7

Mesin hunting

 

3. Pompa oli kurang baik

Cek / perbaiki / ganti

 

7.1. Pada putaran idle

B4, B9, B11, G5, G7, G10

4. Filter oli tersumbat

Bersihkan / ganti

   

G15

5. Valve pengatur tekanan oli jelek

Bersihkan / perbaiki / ganti

 

7.2. Pada putaran normal

B4, B9, B11, G3, G7, G10,

6. Kapasistas oli kurang

Tambahkan oli hingga cukup

   

G15

 


 

 
     

E. Sistem Pendingin

 

8

Getaran mesin cukup kuat

B1, B9, B11, G3, G5, G7,

1. Sistem pendinginan berlebihan

Thermostat terbuka terus (macet)

   

G10, G11, G15

2. Sistem pendinginan kurang

Thermostat tertutup terus (macet)

     

3. Kapasitas air radiator kurang

Tambahkan air, perbaiki kebocoran, bersihkan

9

Mesin lambat menuju kecepatan idle

G15

4. Kebocoran lapisan pemisah air dan oli

Perbaiki / ganti oil cooler, ganti seal-seal air

     

5. Fan belt kurang cukup kencang

Setel kekencangan fan belt

10

Boros bahan bakar

B2, B10, B11, C2, E1, G2

6. Thermostat kurang baik kerjanya

Cek / ganti

     


 

 

11

Boros oli

B10, D1, D2, G5, G6, G8,

F. Turbocharger

 
   

G9, G12, G14

1. Blower kotor

Bersihkan

     

2. Katup asap tidak bekerja baik

Bongkar dan perbaiki

12

Oli bercampur solar

G3, G5, G6

3. Bearing sudah aus

Cek atau ganti repair kit

     

4. Baling-baling turbin/blower aus/sobek

Cek, perbaiki atau ganti turbine kit

13

Oli bercampur air

E4, G4, G17

   
     

G. Sistem Permesinan

 

14

Tekanan oli rendah

D1, D2, D4, D5, D6, E4

1. Kerenggangan klep tidak tepat

Setel kerenggangan klep

   

G10, G11

2. Kebocoran kompresi dari valve seat

Perbaiki (skir) atau ganti valve set

     

3. Klep-klep sudah aus

Perbaiki atau ganti

15

Pipa pernapasan keluar gas cukup ba-

B10, D1, D4, G2, G3, G5,

4. Cylinder head gasket bocor

Ganti gasket

 

nyak

G6, G7, G8, G9, G12, G14

5. Piston ring aus / patah

Ganti piston ring

     

6. Cylinder, piston dan ring sudah longgar

Gunakan ukuran oversize atau ganti baru

16

Suhu mesin terlalu tinggi (overheat)

B10, C2, E2, E3, E4, E5,

7. Crankshaft dan bearing aus

Perbaiki atau ganti

   

E6, G4, G5

8. Kesalahan pemasangan piston ring

Perbaiki susunan piston ring

     

9. Pemasangan piston ring terbalik

Betulkan pemasangan

17

Suhu mesin terlalu rendah

E1, E6

10. Main bearing dan conrod bearing aus

Cek dan ganti

     

11. Baut conrod kendor

Kencangkan sesuai ukuran

18

Udara masuk tekanannya rendah/kurang

C1, C2, F1, F2, G1, G2, G3

12. Ruang bakar kemasukan benda asing

Bongkar dan perbaiki ruang bakar

     

13. Backlash dari gear-gear terlalu besar

Perbaiki gear-gear

19

Temperature gas buang tinggi

B2, B9, B10, C3, E2, E3

14. Bushing dari klep-klep sudah aus

Cek dan ganti

   

E5, G1, G2, G5

15. Governor kurang baik

Perbaiki dan setel ulang

     

16. Timing buka/tutup klep tidak tepat.

Setel klep dan cek timing buka/tutup klep

     

17. Seal water pump, seal liner, seal oil cooler

Ganti seal-seal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s